Wadah pengetahuan kesehatan jiwa dan raga

Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]



Ilmusehat.com - Siapa yang tidak tahu nanas? Hmm sepertinya semua orang tahu apa itu nanas. Nanas (Ananas Comosus) alias Pineapple adalah salah satu jenis buah yang tumbuh di Indonesia. Buah nanas berasal dari Amerika Selatan dan telah tersebar di berbagai negara.

Buah nanas memiliki bentuk yang cukup unik. Berwarna kuning dengan bentuk bulat panjang yang memiliki semacam “daun” berwarna hijau di bagian atasnya. Adapun teksturnya seperti “mata” dan memiliki duri yang cukup tajam.

Buah ini akan memiliki manfaat yang lebih banyak apabila dipetik saat benar-benar matang, bukan dipetik sebelum waktunya. Karena jika dipetik terlalu awal, warnanya menjadi kuning agak buram, dan rasanya sangat masam. Selain itu semakin berat buah ini diperkirakan memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan yang beratnya lebih rendah.

Menurut salah satu peneliti di Lab. Teknologi Pasca Panen, Herbagijandono buah nanas di Indonesia dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan daunnya. Yang pertama daun tidak berduri bernama varietas Cayenne. Buah nanas varietas Cayenne di Indonesia memiliki nama yang berbeda salah satunya adalah nanas Subang yang merupakan nanas terbaik pada varietas ini. Adapun ciri-ciri varietas ini adalah daunnya tidak berduri, memiliki diameter 11-16 cm, bobot 1,8-2,3 kg, kandungan airnya cukup tinggi, empulur (hati) relatif kecil, “matanya” tidak dalam, dan rasanya manis asam. Adapun kekurangannya perubahan warna kulitnya agak lambar, sehingga meskipun sudah matang namun kulitnya terlihat hijau.

Kemudian yang kedua daun berduri. Pada jenis kedua ini memiliki dua varietas yakni Queen dan Spanish. Varietas Queen adalah varietas yang paling dicari oleh konsumen karena rasanya yang manis, kulitnya menarik (kuning cerah kemerahan), dan aromanya harum. Ciri-ciri lain varietas ini adalah bentuknya cenderung memanjang, empulur (hati) cukup lunak dan bisa dimakan, dan bobotnya sekitar 1 kg. Adapun kekurangannya adalah berukuran kecil dan “matanya” agak dalam yang akhirnya membuang banyak daging saat dikupas. Beberapa jenis dari varietas ini yang terkenal adalah nanas dari Bogor (Nanas gati, nanas kipas, dan nanas kiara), nanas Palembang, dan nanas batu dari Kediri.

Lalu varietas selanjutnya adalah Spanish yang bobotnya sekitar 0,9 – 1,8 kg, daunnya berduri, “matanya” cukup dalam sehingga dagingnya banyak yang terbuang jika dikupas, dan memiliki kulit yang kuat sehingga buah aman dan tidak rusak saat diangkut. Meskipun rasanya manis dan aromanya wangi, banyak orang kurang menyukai varietas ini karena memiliki serat yang banyak. Buah ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan uang kertas, contohnya kertas uang dollar Amerika.


Setelah mengenal jenis-jenis buah nanas, saatnya kita mengenal kandungan beserta manfaat buah nanas untuk kesehatan.

1. Mangan

Mangan adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mangan di dalam buah nanas bermanfaat untuk mengeluarkan radikal bebas dan memperkuat tulang. Selain itu mangan juga berfungsi untuk mengendalikan gula darah agar tidak menyebabkan diabetes. Tidak hanya gula, mangan juga mampu mengedalikan lemak agar tubuh tetap langsing.

2. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu senyawa penting yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena merupakan antioksidan. Vitamin C juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melawan kerusakan sel, mencegah nyeri sendi, pengangkutan lemak, dan mengatur tingkat kolesterol.

3. Kalium

Selain mangan dan vitamin C, buah nanas juga mengandung kalium. Kalium merupakan mineral penting bagi tubuh karena beruna untuk memperlancar keseimbangan cairan tubuh, mengendalikan tekanan darah, membersihkan karbohidrat di dalam darah, dan memperlancar pengiriam oksigen ke otak.

4. Enzim Bromelin

Enzim yang satu ini membantu proses penceernaan dan mengurangi peradangan. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengatasi sinusitis akut, asam urat, dan membunuh sel kanker. Tidak hanya untuk kesehatan, eznim ini juga berguna untuk mengempukkan daging.

5. Karbohidrat

Buah nanas yang terasa manis sejatinya mengandung karbohidrat yang berguna untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Oleh karena itu buah nanas juga bisa disebut mengandung gula alami di dalamnya.

6. Magnesium

Magnesium adalah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena magnesium berguna untuk mengatur suhu tubuh, detoksifikasi, meningkatkan kepadatan tulang, hingga mengurangi migrain dan depresi.

7. Kalsium

Kalsium juga terdapat pada buah nanas. Kalsium memiliki peranan penting dalam fungsi-fungsi dasar tubuh seperti pembentukan tulang dan gigi, menjaga fungsi jantung, dan menjaga fungsi otot.

Meskipun buah nanas memiliki banyak sekali manfaat, ingat bahwa mengonsumsi buah nanas berlebihan itu tidak baik. Kenapa tidak baik?

Ternyata di dalam buah nanas mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. Efeknya saat dimakan buah nanas akan terasa gatal di tenggorokan. Selain itu buah nanas juga mengandung kalsium oksalat yang jika dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan batu ginjal. Maka dari itu, ingat ya buah nanas bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

Sumber gambar:
(1) & (3) pixabay.com
(2) www.itfnet.org

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib