Wadah pengetahuan kesehatan jiwa dan raga

Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]


 

1. Kurangi Nasi Putih

Sudah banyak kita ketahui bahwa nasi putih bisa membuat perut buncit. Maka kurangi nasi putih atau bahkan berhenti mengonsumsinya dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat seperti nasi merah. Kenapa nasi merah? Karena nasi merah mengandung lebih banyak nutrisi dan rendah gula.

Pada intinya kita hanya membutuhkan karbohidrat dari nasi putih, namun nasi putih memiliki resiko yang lebih besar dalam penimbunan lemak yang berujung pada masalah kesehatan, sehingga carilah alternatif lain pengganti nasi putih yang sama-sama memiliki karbohidrat dan nutrisi yang seimbang. Selain nasi merah, Anda bisa mengganti nasi putih dengan sayur dan buah seperti pisang.

2. Puasa

Salah satu definisi puasa adalah menahan lapar dan haus, sehingga selama kurang lebih 14 jam tubuh kita tidak mengonsumsi apapun. Tidak adanya makanan yang masuk, maka otomatis membuat lemak yang ada di tubuh kita menjadi berkurang dan membuat tubuh semakin langsing.

Sebagai umat muslim, kita bisa melakukan puasa sunnah senin-kamis, puasa daud, atau puasa ayyamul bidh (puasa tengah bulan yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriah setiap bulannya).

3. Kurangi Makanan Mengandung Tepung, Gula, dan Minyak

Jika Anda membayangkan tepung itu adalah bahan untuk membuat makanan menjadi renyah, yaap Anda benar. Tepung adalah bahan makanan yang mengandung banyak kalori. Jika Anda ingin langsing namun masih makan tepung, maka hindarilah. Karena percuma! Anda akan susah langsing.

Kurangi juga makan-makanan kemasan seperti chiki, kue, atau makanan kemasan ringan yang renyah seperti keripik, karena mereka mengandung tepung yang jika dimakan sedikit saja memiliki banyak kalori.

Begitupula kurangi makan-makanan yang mengandung banyak gula dan minyak, karena penelitian menyebutkan bahwa gula dan minyak mengandung banyak kalori yang dapat meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh jika tidak digunakan. Contoh makanan yang mengandung gula seperti cokelat manis, permen, dan lain-lain.

4. Olahraga (Tambahan dari penulis)

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Lakukan olahraga secara rutin agar lemak dalam tubuh dapat terurai. Kalau penulis sendiri membiasakan untuk jogging seminggu sekali di lapangan.

Atau jika Anda menyukai “cuci mata” bersepeda bersama teman bisa menjadi solusi. Karena bersepeda ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi membuat perasaan menjadi lebih bahagia.

Demikian beberapa tips yang penulis ambil dari beberapa video YouTube dr. Zaidul Akbar. Semoga niat kita untuk melangsingkan tubuh juga sejalan dengan niat kita untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar niat melangsingkan tubuh kita dihitung pahala.

Sumber foto : detikHealth

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib